Selasa, 06 Januari 2015

Tutorial Video Streaming Menggunakan VLC



Pengenalan Video Streaming
Video streaming adalah istilah yang sering kita gunakan saat melihat video diinternet melalui browser dimana kita tidak perlu men-download file video tersebut untuk dapat memutarnya. Istilah ini tersebut terdiri dari dua suku kata yaitu video dan streaming, secara istilah video berarti teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak, sedangkan streaming berarti proses penghantaran data dalam aliran berkelanjutan dan tetap yang memungkinkan pengguna mengakses dan menggunakan file sebelum data dihantar sepenuhnya.

Jadi video streaming dapat diartikan transmisi file video secara bekelanjutan yang memungkinkan video tersebut diputar tanpa menunggu file video tersebut tersampaikan secara keseluruhan.

Video streaming banyak diimplementasikan pada dunia pertelevisian untuk melakukan siaran dari website atau mengirimkan gambar siaran langsung melalui website atau disebut juga live streming. Jadi gambar yang didapatkan dari siaran langsung, sesegera mungkin ditransmisikan dan dapat diputar melalui internet.

Untuk melakukan sebuah video streaming dibutuhkan streaming server. Streaming Server adalah sebuah web server atau aplikasi yang terinstal di dalam sebuah server yang digunakan untuk menjalankan file video atau audio secara real-time atau streaming di internet. Streaming server mengizinkan kita untuk meletakkan file-file audio atau video secara terpisah dari web server yang kita jalankan. Situs-situs yang menyediakan layanan streaming video atau audio menggunakan streaming server untuk menjalankan layanannya. Contoh situs-situs yang menggunakan streaming server diantaranya Youtube, Metacafe, dan Megavideo.

Salah satu software untuk membuat streaming server adalah VLC (Video Lan Client). VLC merupakan perangkat lunak (software) pemutar beragam berkas (file) multimedia, baik video maupun audio dalam berbagai format, seperti MPEG, DivX, Ogg, dan lain-lain. Salah satu kelebihan yang paling menonjol dari VLC Media Player adalah kelengkapan codec yang dimiliki. Dengan kata lain, VLC dapat memutar hampir seluruh jenis berkas audio maupun video yang ada. Bahkan, program ini juga bisa dijadikan sebagai server untuk kebutuhan streaming di jaringan lokal dan internet.

Topology Video Streaming


Cara Membuat Video Server Pada VLC
Installah aplikasi VLC pada PC anda. Jika sudah, buka aplikasi tersebut dan akan muncul tampilan seperti berikut


Klik media dan lalu klik stream.


Maka akan muncul tampilan seperti berikut



Setelah itu klik add dan pilih video yang akan dijadikan video streaming. Seperti contoh yang saya lakukan sebagai berikut


Untuk menukar video yang akan distreamingkan, bisa mengklik remove untuk menghapus video yang telah dihapus dan memilih ulang video yang akan distreamingkan dan klik stream. Maka akan tampil seperti berikut


Source menandakan lokasi video yang telah dipilih. Klik Next>. Maka akan tampil seperti berikut




Terlihat seperti gambar diatas, selanjutnya destination setup, pada bagian ini terdiri dari beberapa destination seperti file, HTTP, MS-WMSP(MSSH), RTSP, RTP/MPEG Transport Stream, RTP Audio/Video Profile, UDP(legacy), IceCast.
Pada kali ini saya menggunakan 3 jenis destination yaitu HTTP, RTSP, RTP/MPEG Transport Stream.

1. HTTP


Klik add dan centang Display locally. Lalu klik Next>. Akan muncul tampilan seperti berikut


Masukkan nilai port dan nama path(/*nama path*). Nilai port tersebut nilai port default yang disediakan oleh VLC. Klik Next>.

2. RTSP



Klik add dan centang Display locally. Lalu klik Next>. Akan muncul tampilan seperti berikut


Masukkan nilai port dan nama path (*nama path*.sdp) Nilai port tersebut nilai port default yang disediakan oleh VLC. Klik Next>.

3. RTP/MPEG Transport Stream


Klik add dan centang Display locally. Lalu klik Next>. Akan muncul tampilan seperti berikut



Masukkan nilai address dan base port. Fungsi diberikannya IP Address agar dapat membuat sebuah koneksi Multicast. Client yang mengakses ke server saja yang bisa melihat video streaming. Klik Next>.

Setelah selesai, maka akan tampil sebagai berikut


Berikutnya pemilihan jenis profil. Profil ini merupakan jenis output apa yang akan ditampilkan, video beserta suara atau suaranya saja. Saya memilih video beserta suara seperti gambar diatas. Lalu klik Next>


Setting telah selesai, jika ingin menjalankan maka klik stream. Tetapi sebelum itu pastikan client sudah siap untuk streaming.

Setting Streaming Client
Buka VLC dan klik media, lalu open network stream.


Setelah itu masukkan nama path, port beserta ip berdasarkan jenis destination yang dipilih sebelumnya. Pada kali ini saya mencoba streaming dengan jenis destination HTTP. Lalu klik Play.


Jika server streaming telah dijalankan dan anda telah memulai streaming secara otomatis anda akan langsung terhubung ke server streaming. Anda akan terhubung ke detik video yang sama pada server.
Jika dilakukan pemunduran pada server maka pada client tidak akan terjadi pemunduran pula tetapi video akan berhenti pada client.

Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar