Selasa, 21 Oktober 2014

PENGENALAN UBUNTU

A. Perkenalan Ubuntu

Ubuntu adalah suatu sistem operasi yang dibuat menggunakan kernel linux yang dibuat oleh linux torvald, yang mana linux merupakan mesin utama sistem operasi yang dibuat mirip dengan unix (unix-like)

Kelebihan Ubuntu :

  • Gratis dan bisa digunakan banyak komputer
  • Jarang terkena virus
  • Terdapat Ubuntu Software Center untuk mendownload aplikasi-aplikasi terbaru pada ubuntu
  • versi baru dari ubuntu dirilis tiap 6 bulan sekali
  • Multi bahasa, banyak bahasa yang dapat digunakan
  • Keamanan (security) yang lebih kuat dari windows
  • Bisa diinstal bersamaan dengan windows
Kelemahan Ubuntu :
  • Belum user friendly, dikarenakan pengguna ubuntu berasal dari migrasi windows dan lainnya
  • Tak semua asplikasi windows anda kompatibel dengan wine sehingga aplikasi kegemaran anda tidak bisa digunakan di ubuntu
  • Tampilan grafis yang kurang menarik
  • Beberapa hardware sulit menyediakan driver untuk ubuntu
Tampilan pada ubuntu pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan windows, hanya saja peletakannya yang berbeda, seperti pada icon menu yang terletak pada bagian sebelah dan tombol shutdown yang terletak pada tombol bagian sudut kanan atas.



Berikut beberapa icon yang terletak pada dekstop bagian kiri ubuntu.
1. Icon yang pertama adalah sebuah akses atau menu utama pada ubuntu yang dapat membuka icon-icon lain yang terletak pada ubuntu, jika diibaratkan pada windows menu tersebut sama halnya dengan menu start pada windows.
2. Icon yang kedua adalah folder yang mana terdapat folder-folder yang tersimpan pada ubuntu atau sama seperti halnya my computer pada windows.
3. Icon yang ketiga adalah icon mozilla firefox, aplikasi ini tidak ada bedanya dengan aplikasi pada windows.
4. Icon yang keempat adalah aplikasi pengolah kata atau biasa disebut Libre Office Writer, jika pada windows, ini sama dengan microsoft word. Dari menu didalamnya tidak jauh berbeda dengan microsoft word.
5. Icon yang kelima adalah aplikasi pengolah angka atau biasa disebut Libre Office Calc, jika pada windows, ini sama dengan microsoft excel.
6. Icon yang keenam adalah aplikasi pengolah slide atau biasa disebut Libre Office Impress, jika pada windows, ini sama dengan microsoft powerpoint.
7. Icon yang ketujuh adalah aplikasi pusat perbelanjaan pada ubuntu yang disebut dengan Ubuntu Software Center, aplikasi ini sama halnya dengan App store, yaitu tempat membeli software-software yang terdapat pada ubuntu.
8. Icon yang kedelapan adalah aplikasi Ubuntu One, Aplikasi ini berguna untuk pengregistrasian user pada ubuntu.
9. Icon yang kesembilan adalah menu Setting. Ini merupakan tempat pengaturan sistem pada ubuntu.
10. Icon yang terakhir adalah aplikasi Terminal, yang mana pada terminal ini kita dapat melakukan berbagai hal, seperti konfigurasi ip, membuat folder, mengcopy atau mengcut folder, dll namun terminal ini tidak berbasis GUI.

Berikut beberapa icon yang terletak pada dekstop bagian sudut kanan atas ubuntu.
1. Icon yang pertama adalah icon shutdown, restart, dll. Ini berfungsi untuk mematikan atau merestart ubuntu.
2. Icon yang kedua adalah icon user atau pengguna dari ubuntu yang sedang berjalan, seperti pada gambar, usernya bernama jartel2.
3. Icon yang ketiga adalah icon waktu. 
4. Icon yang keempat adalah icon volume.
5. Icon yang kelima adalah icon jaringan internet.
6. Icon yang keenam adalah icon mail, yang mana dapat terhubung dengan email user.

B. Pengenalan Terminal pada Ubuntu
Pada pembahasan selanjutnya tentang terminal pada ubuntu, Terminal ini sama halnya dengan command prompt pada windows. Berikut tampilannya.


Jika ingin melakukan suatu perintah, terlebih dahulu ketikkan " sudo su", perintah ini merupakan perintah awal yang harus dilakukan untuk melakukan beberapa perintah lainnya, setelah itu maka terminal akan meminta passwordnya, misal pada terminal yang saya gunakan memiliki password yaitu 234, akan tetapi password akan tidak tampil jika diketikkan, beda dengan biasanya password yang diketikkan biasanya berbentuk bintang. Berikut tampilannya :


1. ls 
Perintah ini merupakan suatu perintah yang berguna untk menampilkan informasi folder yang terdapat pada ubuntu. seperti misal jika saya membuat ls maka akan tampil sebagai berikut


2.cd 
Perintah ini merupakan suatu perintah yang berfungsi untuk memasuki folder yang diinginkan. Dari fungsi sebelumnya, terlihat ada folder musik didalamnya, maka saya akan mencoba memasuki folder tersebut dengan melakukan perintah cd. Akan tampil seperti ini


3. cd . .
Perintah ini merupakan lawan dari perintah diatas, yaitu berfungsi untuk kembali kefolder sebelumnya. Seperti yang saya lakukan dibawah ini

4. mkdir
Perintah ini merupakan kepanjangan dari make directory, maksudnya perintah ini berfungsi untuk membuat folder pada ubuntu. Misal saya akan membuat folder tes1 dan tes2. Dan untuk melihatnya saya ketikkan perintah " ls " . Berikut tampilannya. 


5. echo
Perintah ini merupakan untuk membuat sebuah text document yang didalam langsung dapat diisikan dengan kata-kata. Misal saya akan membuatnya dalam folder tes1. Lalu saya buat perintah seperti ini


maka akan terlihat pada folder tes1 seperti ini 


6. gedit
Perintah ini sama halnya dengan perintah diatas, hanya saja perintah ini lebih tepatnya untuk mengedit suatu text document. Seperti berikut


7. nano
Perintah ini sama halnya dengan 2 perintah diatas, hanya saja jika dilakukan eksekusi akan muncul tampilan seperti ini

dan akan muncul tampilan seperti berikut 


8. rm dan rmdir
Perintah ini merupakan suatu perintah untuk mendelete file dan mendelete directory. Seperti yang saya lakukan sebegai berikut


9. mv
Perintah ini berfungsi untuk merename atau mengganti nama folder yang diinginkan dengan cara menambahkan tanda " / ". Contohnya sebagai berikut


10. cp
Perintah ini berfungsi untuk mengcopy file yang diinginkan kefolder atau directory yang lain.

11. clear
Perintah ini berfungsi untuk membersihkan perintah-perintah yang telah sebelumnya tanpa mengganggu perintah lainnya.

C. Pengkonfigurasian IP dengan menggunakan terminal Ubuntu

Untuk melakukan sebuah pengkonfigurasian IP menggunakan terminal, dapat dilakukan perintah sebagai berikut gedit /etc/network/interfaces " maka akan muncul seperti berikut 


Setelah itu, ubahlah ip address beserta subnet masknya sesuai ip dan subnet mask pc anda, lalu aktifkan ip dan subnet mask tersebut dengan menghilangkan tanda pagar atau " # " pada bagian awalnya. Jika sudah maka save lah ip dan subnert masknya, lalu restartlah dengan menggunakan perintah sebagai berikut “/etc/init.d/networking restart” dan untuk memastikan apakah sudah benar berhasil maka untuk melihatnya buatlah perintah " ifconfig ".

Selanjutnya untuk mengupdate aplikasi ubuntu pada pc anda maka lakukanlah hal-hal berikut.
1. Bukalah aplikasi Update Manager pada ubuntu. Seperti pada gambar berikut


2. Lalu klik setting maka akan muncul tampilan sebagai berikut

3. Lalu centanglah seperti gambar diatas, dan klik " download from " dan pilihlah seperti yang dibawah ini 

4. Terakhir buatlah perintah apt-get update” pada terminal dan secara otomatis ubuntu anda akan terupdate. 

TERIMA KASIH :)















Tidak ada komentar:

Posting Komentar