Kamis, 23 Oktober 2014

Management Jaringan "Analisa Trafik Dengan parameter Round Trip Time"

Round Trip Time (RTT)

Round trip time atau yang biasa disingkat dengan RTT juga diesbut dengan Round Trip Delay, yang maksudnya adalah waktu yang dibutuhkan sinyal pulsa untuk perjalanan dari sumber tertentu ke tujuan tertentu beserta waktu kembalinya. Untuk mengetahui waktu dari RTT ini sendiri dapat diketahui dengan melakukan perintah PING pada command prompt, tidak hanya itu saja, kita juga dapat melihat tujuan atau jalur dari sebuah pengiriman paket dengan menggunakan perintah tracert pada command prompt.

Apa itu PING ?

Packet INternet Gopher (PING) adalah suatu aplikasi yang yang disediakan oleh windows yang berfungsi sebagai pemeriksa koneksi jaringan dengan berbasis Transsmission Contro Protocol (TCP/IP) . Pada dasarnya fungsi utama dari PING adalah untuk mengecek atau memastikan apakah komputer yang satu terhubung dengan lainnya. 

Pada saat melakukan PING, tidak hanya dapat mengetahui suatu koneksi internet terhubung atau tidak tetapi kita juga dapat mengetahui RTT saat pengiriman data tersebut. Contohnya seperti ini.


Pada gambar merupakan cara membuktikan suatu koneksi terhubung. Jika suatu koneksi terhubung maka jika kita melakukan ping akan muncul " Reply " yang berarti koneksi internet anda sedang aktif. Dan jika yang muncul "Request Time Out" maka jaringan anda terputus. Selanjutnya, RTT yang telah dibahas sebelumnya dapat dilihat pada " Average = 45 ms" yang berarti Round Trip Time/ RTT nya adalah sebesar 45 ms.

Apa itu tracert ?

Tracert adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Contohnya seperti ini : 


Seperti yang terlihat pada gambar diatas, terdapat beberapa ip yang dilewati oleh paket, jadi masing-masing ip tersebut merupakan rute yang telah dilewati paket untuk sampai ke google.com itu sendiri.

Analisa trafik dengan parameter Round Trip Time

Untuk mengetahui RTT dari suatu data, kita dapat membuat perintah pada command prompt " www.detik.com -n 15 -l 8 -i 225>8.txt" apa maksudnya? n merupakan nilai iterasi yang dilakukan sebanyak 15 kali, dengan ukuran data 8 byte, TTL = 225 dan simpan pada folder Local Disk C > User > *namauser yang mana dengan nama folder adalah 8. Seperti pada gambar berikut. 


Untuk melihat apakah pengaruh ukuran data terhadap RTT dan Request Time Out (RTT) digunakan ukuran data 8, 16, 32, 64, 128, 256, 512, 1024, 1500, 2000, 3000.

Tahap-tahap untuk mendapatkan RTT pada command prompt :
1. Bukalah command prompt, dan buatlah perintah "www.detik.com -n 15 -l 8 -i 225>8.txt".


2. Setelah proses selesai. maka bukalah text document yang telah dibuat pada folder user tadi. Maka akan akan didapat :



3. Catatlah jumlah Request Time Out dan rata-rata waktu RTT nya.



4. Lakukan hal tersebut dengan ukuran data 8, 16, 32, 64, 128, 256, 512, 1024, 1500, 2000, 3000.

Setelah dilakukan dari langkah-langkah yang diatas, didapat data sebagai berikut :




Jika dilihat dari keseluruhan data, ukuran paket sangat berpengaruh pada jumlah RTO dan RTT nya. Untuk perbandingan terhadap RTO adalah berbanding lurus, semakin besar ukuran paket data maka akan semakin besar pula peluang RTO yang akan muncul dan begitu juga sebaliknya, semakin kecil paket data maka akan semakin kecil pula peluang RTO nya. Pada RTT begitu juga, ukuran paket data berbanding lurus terhadap RTT, hal ini disebabkan oleh pengaruh dari bandwith. Seharusnya kurva pada data yang didapat akan semakin naik, tetapi pada saat pengambilan data, terjadi lagging pada koneksi, sehingga menyebabkan RTT yang didapat tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Kesimpulan

Dari data yang telah dianalisa dapat ditarik beberaapa kesimpulan sebagai berikut :
  1. PING adalah suatu perintah yang disediakan oleh windows yang berfungsi sebagai pemeriksa koneksi jaringan dengan berbasis Transsmission Contro Protocol (TCP/IP) .
  2. Tracert adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. 
  3. RTT dan RTO berbanding lurus terhadap ukuran paket / l.
  4. Perubahan nilai RTT terhadap ukuran paket sangat dipengaruhi oleh bandwith dan kecepatan koneksi itu sendiri.


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar