Selasa, 28 Oktober 2014

Workshop Aplikasi Internet " Web Server"

Dalam kemajuan teknologi zaman sekarang, jaringan internet sangat dibutuhkan oleh masyarakat pada umumnya. Jika bicara tentang internet, tentu tidak akan bisa lepas yang namanya dari web server. Sebagian orang mungkin mengetahui istilah web server, akan tetapi tidak sedikit juga orang yang belum tahu mengenai pengertian web server ini. Secara umum dapat disimpulkan bahwa pengertian Web Server adalah sebuah layanan internet yang telah disediakan oleh komputer.



Dalam memasukkan web yang telah dirancang dalam internet, maka terlebih dahulu memiliki ruangan dalam internet dan ruangan inilah yang disediakan oleh server. Selain itu juga, pengertian web server merupakan sebuah perangkat komputer yang digunakan untuk mengakses segala jenis file yang terdapat pada halaman web melalui HTTP/HTTPS dengan menggunakan aplikasi atau program tertentu (dikenal dengan nama web browser) dan mengirimkan kembali hasil permintaannya dalam bentuk halaman-halaman web yang berbentuk dokumen HTML.

Pada web server ini, terdapat beberapa jenis-jenis packet software yang dapat digunakan di internet, namun pada kali ini saya akan menggunakan Apache Web Server sebagai paket softwarenya. Berikut saya akan menjelaskan bagaimana cara konfigurasi web server pada ubuntu dengan menggunakan jenis paket software apache web server.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan pada konfigurasi ini adalah sebagai berikut :

1. Buka lah terminal pada ubuntu, dan ketikkan " sudo su " untuk masuk ke super user. Setelah anda memasuki super user, maka lihatlah terlebih dahulu ip pada pc anda, dengan cara membuat " ifconfig ".


2. Setelah mengetahui ip pc, maka lakukanlan instalasi apache nya, dengan cara membuat perintah " apt-get install apache2 ".



Setelah berhasil, maka periksalah pada mozilla apakah apache telah terinstal, dengan cara membuat " localhost ". Jika muncul " it works! " maka apache telah terinstal.




3. Selanjutnya, ubahlah ip sesuai dengan ip koneksi anda, namun buatlah dalam mode static agar ip dapat ditentukan secara manual. Jika anda mengaktifkan secara dhcp, maka ip akan ditentukan secara otomatis. Buatlah perintah " gedit/ etc/network.interfaces " untuk mengubah ipnya.


Untuk mengaktifkan ip yang telah dibuat, hilangkanlah tanda " # ", jika masih terdapat tanda tersebut maka anda sedang menonaktifkan ipnya. Lalu save lah dan lakukan restart agar ip dapat terganti pada server. dengan membuat perintah " /etc/init.d/networking restart ". Tunggu sampai restart selesai. 


4. Terakhir, anda dapat mengubah isi dari web server anda sendiri dengan cara membuat perintah " gedit *nama HTML anda*.txt ", namun jika anda ingin mengubahnya, terlebih dahulu anda harus memasuki directory dimana file txt anda tersimpan. Misal seperti pada yang saya buat dan saya mengganti namanya dari indeks menjadi ilhamfajaranaky. Untuk melihatnya, dapat dicoba pada mozila sesuai dengan nama HTML yang telah anda buat.




5. Jika anda ingin mempercantik tampilan atau isi pada web server anda, maka anda dapat menambah kode HTML nya pada saat pengeditan isi HTML anda.

Kesimpulan

Web Server adalah sebuah layanan internet yang telah disediakan oleh komputer. Salah satu dari jenis paket software pada web server adalah apache web server. Pada terminal ubuntu secara singkat dapat dijelaskan prosesnya yaitu instalasi apache => ubah ip => restart => ubah isi HTML.



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar