Selasa, 18 November 2014

Membuat Server VoIP dengan Menggunakan Ubuntu yang di Implementasikan pada X-lite

Pengenalan VoIP dan VoIP Server

Voice over internet protocol (VoIP, IP Telephony, Internet Telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melaui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog terlepon biasa.

Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Dengan bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global. Sehingga untuk hubungan Internasionaldapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance dapat di tekan karena voicedan data networkterpisah, sehingga IP Phone dapat di tambah, dipindah dan di ubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon konvensional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX (Private branch exchange).


VoIP Server adalah bagian utama dalam jaringan VoIP. Perangkat ini memang tidak wajib ada di jaringan VoIP, tetapi sangat dibutuhkan untuk dapat menghubungkan banyak titik komunikasi server. Perangkat ini dapat digunakan untuk mendefenisikan jalur dan aturan antar terminal. Selain itu, VoIP server juga bisa menyediakan layanan-layanan yang biasa ada di perangkat PBX (Private Branch Exchange), voice mail, Interactive Voice Response(IVR), dan lain-lain. Beberapa jenis SoftSwitch juga menyediakan fasilitas tambahan untuk dapat berkomunikasi dengan SoftSwitch lain di internet. Ada beberapa SoftSwitch yang dapat anda pilih untuk membangun jaringan VoIP sendiri, semuanya memiliki lisensi gratis, Contoh dari VoIP server ini adalah Asterisk.

Pengenalan X-lite


X-lite merupakan perangkat lunak yang dikembangkan oleh Counter Path Solutions Inc, yang diaplikasikan untuk komunikasi VoIP berbasis protocol SIP. Perangkat lunak ini diibaratkan dapat mentransformasikan PC menjadi telepon. X-lite memberikan manfaat yang sama seperti telepon biasa untuk melakukan dan menerima panggilan PC. Dengan menggunakan koneksi broadband internet dan teknik audio kompresi (codec), Quailty of Service(QoS).
X-lite dapat diinstal pada sembarang computer pada suatu jaringan computer. Perangkat lunak ini dapat berjalan di system Window maupun linux(Ubuntu). Proses registrasi dilakukan dengan memasukkan IP SIP Server misal 172.16.30.36 pada system setting yang dapat dilihat pada menu X-lite. Pada saat mengaktifkan X-lite, system setting pada X-lite secara otomatis akan mencari SIP Proxy dimana X-lite ini terdaftar untuk melapor bahwa SIP softphone pada computer tersebut telah aktif. Port yang digunakan pada saat komunikasi berlangsung adalah port 8000. Sedangkan untuk register port yang digunakan 5060.

Instalasi dan Konfigurasi VoIP Server

1. Bukalah terminal pada ubuntu, lalu masuk ke super user, dan lakukan penghapusan konfigurasi asterisk jika telah pernah dilakukan konfigurasi sebelumnya.

#sudo su
#apt-get remove asterisk


2. Setelah penghapusan telah selesai, lalu install asterisk.

#apt-get install asterisk

3. Jika instalasi telah dilakukan, secara otomatis akan terbuat txt bernama sip.conf. File ini merupakan tempat pengkonfigurasian client yang ingin didaftarkan.

#gedit /etc/asterisk/sip.conf

Lalu ketikkan seperti dibawah ini :



Ket :
8001,8002         => nomor telepon client
Type                  => penandaan group dari client
Username          => ini adalah nama yang akan muncul jika ada penelponan, nama ini tergantung pada                                client
Secret                => ini adalah password yang akan dimasukkan pada konfigurasi X-lite. (password                                    tidak harus sama dengan username)

4. Konfigurasi port yang akan dihubungkan pada switch.

#gedit /etc/asterisk/extensions.conf


Dari perintah diatas dapat ditambahkan juga sebagai berikut :

[ilham]
Exten=>8001,Dial(SIP/8001,20)
Exten=>8001,2,Hangup()

Exten=>8002,Dial(SIP/8002,20)
Exten=>8002,2,Hanghup()

Exten=>8003,1,Playback(demo-echotest)
Exten=>8003,2,Echo
Exten=>8003,Playback(demo-echodone)

Dimana :
[ilham]    adalah context yang mengatur semua user dengan menggunakan context ilham pada data                                account
Exten      adalah aturan di asterisk untuk menunjukkan nomor extension
8001       adalah nomor extension yang dapat dihubungi
1-2          adalah prioritas action
Dial        adalah aplikasi untuk men-dial
Hangup  adalah aplikasi untuk mengakhiri koneksi
SIP         adalah protocol yang digunakan
20           adalah lamanya(sec) bordering saat pemanggilan

5. Lakukan restart, untuk mengaktifkan konfigurasi yang telah dibuat.

#/etc/init.d/asterisk restart


6. Jika telah telah berhasil, bukalah X-lite lalu daftarkan account dengan memasukkan id,domain dan passwordnya. Seperti berikut :


7. Lakukan pengujian dengan memasukkan nomor user ID. Jika telah berhasilkan akan maka akan tampil sebagai berikut 


Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar