Kamis, 13 November 2014

SNMP ( Simple Network Management Protocol)



SNMP (Simple Network Management Protocol)
SNMP adalah Sebuah protokol standar manajemen jaringan pada application layer TCP/IP supaya informasi yang dibutuhkan untuk manajemen jaringan bisa dikirim menggunakan TCP/IP. SNMP berfungsi memantau dan mengatur jaringan komputernya secara sistematis dari jarak jauh atau dalam satu pusat kontrol saja dengan cara menggumpulkan data dan melakukan penetapan terhadap variabel-variabel dalam elemen jaringan yang dikelola.

SNMP membantu administrator jaringan untuk segerra mengetahui adanya permasalahan yang terjadi pada jarungan. Kemudia, administrator dapat segera melakukan tindak lanjut seperti mengisolasi permasalahan atau bahkan langsung mengatasi permasalahan. Kondisi tersebut membutuhkan sistem monitor jaringan yang aktual (real time). Cara termudah untuk mencapainya adalah dengan menurunkan interval polling yang dilakukan oleh NMS. Dengan kata lain, data terbaru yang dihasilkan dapat dianggap kondisi jaringan pada saat tersebut. Akan tetapi, frekuensi polling yang tinggi dapat menyebabkan overhead jaringan yang tinggi pula. Oleh karena itu, pada akhirnya peningkatan sumber daya jaringan dan prosesor tetap dibutuhkan.

Fungsi SNMP
1. Get
Digunakan oleh menajer untuk mengambil suatu item  dari agen MIB.
2. Set
Digunakan oleh manajer untuk men-set atau mengisikan harga suatu variabel pada agen 3. 3. MIB.
4. Trap
Digunakan oleh agent untuk mengirim peringatan kepada manajer.
5. Inform
Digunakan oleh manajer untuk mengirimkan peringatan kepada manejer yang lain.

 Elemen-elemen SNMP


1. Manajer
Manager adalah pelaksana dan manajemen jaringan. Pada kenyataannya manager ini merupakan komputer biasa yang ada pada jaringan yang mengoperaksikan perangkat lunak untuk manajemen jaringan. Manajer ini terdiri atas satu proses atau lebih yang berkomunikasi dengan agen-agennya dan dalam jaringan. Manajer akan mengumpulkan informasi dari agen dari jaringan yang diminta oleh administrator saja bukan semua informasi yang dimiliki agen.

2. MIB(Manager Information Base)
MIP merupakan struktur basis data variabel dari elemen jaringan yang dikelola. Struktrur ini bersifat hierarki dan memiliki aturan sedemikian rupa sehingga informasi setiap variabel dapat dikelola atau ditetapkan dengan mudah.
sebuah pohon abstrak yang memiliki sebuah akar. Akar ini tidak punya nama, item-item data secara individual membentuk daun-daunnya. Object Identifier atau ID, mengidentifikasi atau memberi nama objek-objek dalam pohon MIB. Penamaan ini dilakukan secara unik. ID dari objek-objek tersebut mirip dengan nomor telepon yang diorganisasikan secara hirearki.

3. Agen
Agen adalah perangkat lunak yang dijalankan disetiap elemen jaringan yang dikelola. Setiap agen mempunyai basis data variabel yang bersifat lokal yang menerangkan keadaan dan berkas aktivitasnya dan pengaruhnya terhadap operasi.

Berikut merupakan bagaimana SNMP digunakan sebagai protokol element management :

Instalasi dan konfigurasi SNMP dan MRTG pada ubuntu
Berikut cara instalasi dan konfigurasi dari SNMP dan MRTG pada ubuntu :

a. SNMP
1. Bukalah terminal ubuntu, masuk ke super user, dan lakukan pembersihan file SNMP jika telah pernah dilakukan instalasi dan konfigurasi SNMP.
#apt-get remove –purge snmp snmpd


2. Lalu, lakukan instalasi SNMP dengan membuat perintah sebagai berikut
#apt-get install snmp snmpd


3.Jika instalasi telah selesai, editlah file konfigurasi file SNMP yang ada pada /etc/snmp/snmpd.conf dengan menggunakan gedit atau nano dengan perintah :
#nano /etc/snmp/snmpd.conf


Jika telah muncul tampilan seperti gambar diatas, maka hilangkanlah tanda “ # “ pada bagian yang telah ditandai, yang mana anda telah mengaktifkan public localhost dan public defaultnya.

Tidak hanya itu saja, lalu editlah pada bagian yang telah ditandai seperti dibawah ini dengan menggantinya nama user dan alamat email anda sendiri.



Contoh :

-Syslocation jartel2
-Syscontact ilhamfajaranaky <ilhamfajaranaky@gmail.com>

Lalu save dengan menekan Ctrl + O dan exit Ctrl X.

4. Terakhir  restartlah agar semua konfigurasi dapat diaktifkan.
#/etc/init.d/snmpd restart

Pengetesan SNMP dapat dilakukan dengan perintah :
#snmpwalk -v 2c -c public localhost


b. MRTG
1. Lakukan hal yang sama seperti pada SNMP yaitu pembersihan file konfigurasi MRTG yang pernah dilakukan tapi sebelum itu lakukan pengecekan ada atau tidakkah MRTG yang terinstal. Dengan cara :
#dpkg -1|grep mrtg
#apt-get remove mrtg –purge


2. Install MRTG dengan perintah :
#apt-get install mrtg


3. Lakukan konfigurasi pada MRTG dengan perintah :
#cfgmaker --global'workdir:/var/www/mrtg'--output /etc/mrtg.cfg public@localhost

4. Terkahir menampilkan grafik konfigurasi MRTG dengan cara men-generate file index.html dengan perintah :
#indexmaker /etc/mrtg.cfg --columns=1 --output /var/www/mrtg/index.html



Monitoring Gateway

1. Lakukan restart SNMP jika semua konfigurasi telah selesai dilakukan
#/etc/init.d/snmpd restart

2. Test SNMP yang telah anda konfigurasi dengan perintah :
# snmpwalk -v 2c -c public localhost

3. Buatlah folder MRTG yang terletak didalam /var/www
# mkdir /var/www/mrtg2

4. Lakukan konfigurasi localhost.
# cfgmaker --global ‘workdir: /var/www/mrtg’ --output /etc/mrtg.cfg public localhost

5. Untuk menampilkan konfigurasi grafik dari konfigurasi MRTG gunakan perintah berikut :
# indexmaker /etc/mrtg.cfg --columns=1 --output /var/www/mrtg/index.html

Setelah semua perintah diatas telah selesai dilaksanakan maka bukalah browser dan ketikkan http:localhost/mrtg2/









Karena tidak banyak aktivitas yang dilakukan seperti browsing, streaming maupun downloading maka traffic yang terlihat diatas tidak terlalu besar. Jadi traffic akan semakin terlihat jika dilakukan streaming, browsing maupun downloading. 

Jika semakin padat aktivitas yang anda lakukan pada jaringan anda maka traffic akan semakin tinggi, begitu juga sebaliknya, jika tidak ada aktivitas atau sedikitnya aktivitas yang anda lakukan pada jaringan anda akan semakin rendah atau bahkan tidak ada sama sekali. Traffic dapat dilihat dari grafik yang berwarna hijau seperti data diatas.




Terima kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar