Kamis, 15 Januari 2015

Installasi Blog pada Server Local

Pengenalan
Server Lokal
Server lokal adalah sebuah program aplikasi yang dapat menghubungkan beberapa data yang terdapat pada komputer dalam bentuk link. Untuk membangun server lokal juga diperlukan server online. Yang berupa web hosting. Tanpa ada hosting, tidak ada server lokal. Karena kita akan menghubungkan domain hosting kita dengan server lokal yang akan dibuat dikomputer. Jadi, yang diperlukan adalah PC atau laptop. Tanpa komputer tidak bisa membangun sebuah server lokal. Makanya, sebelum berniat membuat server lokal, terlebih dahulu yang harus dipikirkan adalah perangkat - perangkat diatas. Dengan menghubungkan domain hosting kita dengan server lokal tidak perlu yang namanya koneksi internet untuk menjalankan atau membuat blog. Kita bisa mengotak - atik blog kita secara offline tanpa ada rasa takut akan biaya.

WordPress WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS ( Content Management Systems) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunannya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafe blog yang dikembangkan ileh Michaek Valdrighi.

Installasi
Berikut cara membuat blog pada server local.

Buka XAMPP dan aktifkan modul Apache dan MySQL.
Apache : sebagai web server yang digunakan untuk menampilkan website di internet
MySQL : sebagai data base
Setelah diakfitkan maka klik Admin pada module MySQL.


Maka akan tampil seperti berikut, pilih jenis bahasa pada kolom language untuk mempermudah kita dalam settingan nanti. Setelah itu klik database.


Selanjutnya membuat database baru. Ketikkan nama database pada kolom create database dan pilih collation. Klik create. Berikut contohnya 



Lalu klik database yang telah dibuat sebelumnya dan akan muncul tampilan seperti berikut


Setelah itu, klik privileges > add user. Isi masing - masing kolom. Username dan password akan berguna untuk login pada Server local nantinya.
Username : *Nama user untuk login*
Host : localhost
Password : *password user untuk login*
Re-type : *konfirmasi ulang password*

Klik check all > klik add user.




Jika tampil seperti berikut maka akun blog anda telah terbuat.


Setelah selesai membuat account blog pada database, selanjutnya mengaktifkan account bkog yang telah dibuat pada wordpress. Maka dari itu, copy lah file wordpress terlebih dalu dan ubah nama file tersebut agar mempermudah pekerjaan anda selanjutnya. Copylah file wordpress ke XAMPP > htdocs.


Untuk mengatfikannya, buka pada halaman browser dengan alamat "http://localhost/*nama file wordpress yang telah diubah* " . Sebagai contoh http://localhost/ilhamfajaranaky. Lalu masukkan username dan password yang telah dibuat pada database.


Pilih jenis bahasa yang ingin anda gunakan.


Jika telah berhasil maka akan tampil seperti dibawah ini dan klik log in.


Blog anda telah aktif. Silahkan log in jika ingin mencoba masuk kedalam blog anda.


Berikut tampilan default yang telah anda buat. Selesai.


Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar