Rabu, 21 Januari 2015

Konfigurasi FTP server menggunakan XAMPP

Pengenalan

FTP Server
File Transfer Protokol ( FTP) merupakan metode populer untuk mentransfer file diantara komputer - komputer. Komunikasi FTP mengikuti model client server dimana client memulai komunikasi dengan mengirim perintah, dan server meresponnya dengan pesan dan kode status, termasuk melakukan pengirim atau penerimaan file. FTP bekerja dengan TCP dan umumnya digunakan di internet meskipun dapat juga diimplementasikan dalam lingkungan LAN.



Protokol FTP mengizinkan transaksi file dua arah, dimana file - file dapat dikirim ke sebuah server. Transaksi - transaksi ini meliputi file system lokal ( dalam sisi client) dan file system remote (dalam sisi server). Saat sebuah file ditransfer diantara mesin lokal dan mesin remote, nama file tersebut tida berubah, kecuali jika user bersangkutan mengubahnya ke nama baru. Protokol FTP umumnya menetapkan daftar tipe file yang ditransfer.

Komunikasi FTP merupakan pilihan untuk berikirim ragam file, dan mensuppor hampir semua tipe file yang dikenal saat ini, termasuk diantaranya :
  • File text
  • File grafik(gambar)
  • File sound(audio)
  • paket software
  • dll
FileZilla
FileZilla adalah program aplikasi jaringan yang berguna untuk transfer file via protokol FTP di jaringan komputer atau internet. Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada kecepatan dan kemudahannya dalam melakukan transfer file. Jendela aplikasi terbagi menjadi dua, satu untuk menampilkan file dan folder di komputer lokal, dan satu lagi untuk menampilkan file dan folder di komputer server. Anda cukup melakukan drag dan drop untuk mentransfer file dari komputer ke server jaringan/internet, atau sebaliknya. Melalui fitur site manager, anda bisa menyimpan akun dan alamat beragam server FTP, dan menggunakannya secara cepat dan mudah. FileZilla juga memungkinkan anda melakukan koneksi ulang ke server yang terakhir anda akses sebelumnya, cukup dengan menekan satu tombol.

Konfigurasi FTP server

Berikut langkah - langkah membuat FTP server dengan menggunakan XAMPP :
Pada saat ingin membuat FTP server, pastikan XAMPP telah terinstall sempurna pada PC / laptop anda.

Buka file XAMPP dan centang service pada fileZilla.




Klik admin.


Jika muncul tampilan seperti dibawah ini, masukkan server address dan administrator password beserta portnya. Namun jika ini pertama kali anda membuat FTP server pada XAMPP maka langsung klik Ok saja, karena secara otomatis akan ditentukan default dari server address beserta potnya.

Maka akan muncul tampilan seperti berikut 



Setelah itu klik edit > users untuk masuk ke bagian penambahan user dan file yang akan dishare. Berikut tampilannya


Selanjutnya tambahkan user pada kolom users. Klik add untuk menambahkan user baru dan masukkan nama user. Klik OK.


Untuk membuat akun anda tidak bisa di akses oleh semua orang, maka buat password pada account setting, centang password lalu masukkan passwordnya. Username dan password yang telah anda buat untuk masuk kedalam server pada browser.


Setelah itu mengatur file yang akan di share. Klik shared folders pada kolom page.


Klik add untuk menambahkan file yang akan di share.


Lalu pilih directory file yang akan dishare dan klik OK.


Setelah user dan file yang akan dimasukkan telah dibuat maka klik OK.


Jika semua konfigurasi telah dibuat maka anda bisa mencobanya pada halaman browser. Untuk mencobanya masukkan dengan format " ftp://IP PC anda " seperti contoh ftp://172.16.30.18


Masukkan nama user beserta password yang telah di setting sebelumnya. Klik login.


Berikut tampilan file - file yang saya share didalam folder_share.


note : anda bisa mengakses FTP server jika terhubung pada jaringan LAN yang sama.

Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar